04 Desember 2008

Kartun SacaWaCana


Karang Taruna


Ngomongin kartun bakalan panjang bgt ceritanya. Cuz selama kita di sana kita selalu kerjasama bareng temen2 kartun. Pertama kali ketemu sama anak2 Kartun waktu gw, Angga, Fika, and Yefhy survei hari Sabtu, 2 Agustus 2008. Waktu itu gak semua anak kartun ngumpul yg ada cuman beberapa org aja. Kita bilang ke mereka kalo kita mau KKN di sini dan kalo temen2 Kartun punya kegiatan terutama untuk menyambut 17 Agustusan, kita siap membantu. Yah..kira2 itulah kata2 yg kita ucapain waktu ketemu sama mereka. Bantuan yg kita kasih ke mereka emang gak seberapa, kita gak ngebantu secara materil tapi, kita berusaha membantu dengan tenaga dan kemampuan yg kita punya. Walaupun terkadang kita ngerasa kurang maksimal ngebantu mereka. Dari mulai jadi juri lomba MTQ tingkat Desa Rawabogo, jadi juri lomba Al-Barjanji, bantuin bungkus kado 17 Agustusan, jadi tim obade pas upacara kemerdekaan, ikutan lomba 17 Agustusan, ngeliwet bareng, nonton bareng, dan yg pasti jadi tim dokumentasi segala kegiatan kita dan temen2 Kartun di Desa Rawabogo. Makannya gak heran kalo Video dan foto2 dokumentasi di sana banyak bgt. Dokumentasi yg kita punya bener2 jadi kenangan satu2nya wat kita, kenangan yg akan selalu kita inget dan Insya Allah gak akan kita lupain begitu aja. Yg lebih serunya lagi ada acara CinLok segala lah..sebenernya sih buat gw ini cuman iseng2nya anak2 Kartun aja. Gw gak pernah menganggap itu serius. Mulai dari Dasep yg suka sama Fika, sampe ada A’Pi2t yg selalu dicengin sama gw. Kalo untuk yg satu ini,,bener2 cuman iseng. Lumayan kan buat penambah semangat selama 2 minggu KKN di sana. Dan kedekatan gw sama dia sebenernya azas manfaatnya juga loh,,manfaat untuk bisa tambah deket sama temen2 Kartun lainnya dan biar komunikasi kita sama temen2 Kartun jalan terus. Kata A’Dudi kalo di desa kita kan mesti bersikap baik sama mereka, karena kalo kita bersikap baik pasti mereka juga bakalan baik sama kita. Terbukti kan...!!


Saking kita kangennya sama Rawabogo, sebelum balik ke Jakarta tanggal 30 Agustus. G and temen2 yg lain main lagi ke Rawabogo. Kita nginep di villa nya A’Pi2t, nonton film Tarix Jabrix, makan singkong goreng campur Royco (kebiasaan buruk). Paginya makan nasi goreng di rumahnya A’Pi2t, jalan2 ke kebon teh (Subhanallah viewnya keren abis), sampe pas sorenya kita makan nasi liwet di rumah Teh Dini. Itupun kita sengaja ngeliwet di sana, bis udah laper bgt ditambah nyari warteg di sana susah bgt yg ada cuman warung bakso atau indomie “kita butuh nasi”. Yang paling seru waktu balik dari ngeliwet. Gw inget bgt,,kita selesai makan pas mau menjelang magrib ditambah mati lampu!! giLa satu desa mati lampu. Solat di rumah Teh Dini pake lilin. Mana kita mesti balik lagi ke rumah Umi trus langsung balik ke Makbul. Pas lagi makan Teh Dini sempet cerita2 serem gitu. Awalnya gw nanya jalanan kecil yg lewat pematang sawah bisa gak langsung nembus ke pos jaga yg ada di deket Balai Desa?! Awalnya cuman nanya itu aja,,eh..malah berentet cerita hal2 yg serem. Kayak kebon teh dan pabriknya, yg katanya di sana ada setan kepala buntung. Ya..Allah gw bener2 gak bisa ngebayangin pulang jalan kaki ngelewatin hutan bambu dan kuburan. Sekedar cerita aja ya,,di Rawabogo kalo dah magrib, warung2 pada tutup, gak ada tukang ojek pula. Jadi mau gak mau mesti jalan kaki. Padahal gw dah bilang sama Angga, kita minta tolong aja sama anak Kartun untuk nganterin kita balik ke posko. Dasar si BuLuk gaya2an dia bilang gak usah. Gw sempet berharap coba besok gak jalan2 ke Kawah Putih mungkin kita bisa nginep di rumahnya Teh Dini. Mau gak mau kita mulai ekspedisi magrib2 balik ke posko. Dengan suasana yg gelap gulita, mati lampu dan gak ada penerangan sedikit pun. Sepanjang jalan kita ngandelin lampu motor yg lewat dan senter dari HP nya Angga. Yefhy sama Alfan jalan di depan, mereka pegangan tangan. Gw, Fika and Angga jalan bertiga di belakang. Sampe akhirnya gw nyuruh Angga tuk jalan di belakang gw and Fika. Tiap kali Angga berusaha untuk jalan sejajar sama kita, gw selalu bilang ’Angga tengah belakang’. Waktu kita mulai masuk kawasan hutan bambu dan kuburan, gw bener2 pegangan tangan Fika erat bgt, Fika aja sepanjang jalan nunduk terus. Pas lagi ngelewatin tuh jalan...Allahuakabar gw ngedenger suara cewe nangis dari arah kuburan sebelah kanan. Gw dah baca2 ayat kursi tapi gak pernah sampe abis selalu aja belepotan, waktu gw denger tuh suara gw langsung megang tangannya Fika erat.Gw sempet mikir ah..palingan ini cuman bercanda aja. GiLa2an magrib2 Lagi!! Penderitaan kita gak cuman sampe disitu aja. Pas sampe rumah Umi kita mesti balik ke Makbul. Suasana yg gelap bikin kita deg-degan bgt. Untung ada A’Dasep, jadi kita minta tolong sama dia tuk nyariin ojek, mana mahal bgt lagi 20rb satu motor cuman tuk ke Ciwidey aja. Ydah walaupun ojek mahal kita tetep balik ke Makbul. Gw naik motor bareng sama Yefhy, mana gw duduk di belakang. Kirain gw mati lampu di Rawabogo aja ternyata di Nengkelan juga. Sial ngelewatin hutan bambu and kuburan lagi pas sampe di Nengkelan. Sebenernya kalo dipikir2 kita bisa aja nginep di rumah Umi cuz rencana anak2 mau ke Kawah Putih kan make mobil sewaan dari Nengkelan (antara Nengkelan dan Rawabogo tuh gak jauh). Tapi, karena kita teman2 yg baik, kita juga inget sama temen2 yg ada di Makbul akhirnya kita balik juga. Walaupun dengan suasana hati yg deg-degan. Asli ini pengalaman paling gila yg pernah kita alamin. Paling menegangkan,,ekspedisi Rawabogo and Nengkelan.

Yg pasti perpisahan sama temen2 kartun bikin kita sedih. Sampe kita ngadain acara nonton bareng, walaupun kita sadar pas acara nonton bareng itu kita gak ngasih sesuatu yg maksimal karena ada aja hambatan yg kita temuin. Kita bersyukur bisa ketemu dan kenal dengan mereka. Punya teman baru di sana jadi kalo liburan bisa nginep di salah satu rumah mereka. Kita akan selalu inget kenangan selama di sana..

1 komentar:

Renzu Rizars mengatakan...

A'a Pipit Apa Kabar Ya boy..
mmmmmmmm......