04 Desember 2008

Umi "we miSs yOu"


Umi


Umi Utju Khatidjah, beliau Ibu dari Pak.Kades sekaligus pemilik rumah tempat kita tinggal selama KKN. Awal ketemu Umi,,kita rada2 takut juga, takutnya beliau gak ramah atau gak baik sama kita. Tapi, semua itu cuman ketakutan kita aja. Beliau baik bgt, walaupun terkadang kita canggung sama beliau. Sulit merangkai kata2 untuk menunjukkan kebaikan Umi terhadap kita. Yg pasti kita bersyukur dan beruntung bisa bertemu dan kenal dengan beliau. Lebih beruntung lagi kita bisa tinggal di rumah Umi yang kalo dibandingin sama temen2 di desa lain, tempat tinggal kita paling lumayan. Ada kulkasnya, kamar tidur dua dan lumayan gede, ada musholanya, ada dapur yg cukup besar, ada gas, ada kompor minyak, ada rice cooker, ada jamban, dan kamar mandi, ada tempat nyuci yg lumayan. Istilahnya kita tinggal di sini segala fasilitasnya lumayan lengkap. Walaupun ada kekurangannya juga, di rumah Umi tuh serem. Antara rumah dan tempat kita nginep itu dipisah sama pintu. Pas kita ngeliat2 tempat kita nginep selama KKN nanti, gw dah mulai ngerasa aura yg beda bgt. Suasana adem, anyep, dan lembab yg pasti. Dan gw yakin di sana pasti ada penunggunya, terutama di ruang tengah tempat biasa kita ngumpul, di dapur dan di kamar mandi. Tempat2 itu yg paling kerasa bgt. Makannya selama KKN di sana gw bener2 ngejaga makanan gw, gw sempet wanti2 diri gw jangan sampe gw pup malem2 sendirian lagi. Dan kalo dah malem gw selalu minta ditemenin ke kamar mandi. Pernah waktu itu yg laen dah pada tidur, gw masih terjaga dan lagi nulis sesuatu di buku curhat gw. Anjrit...padahal itu masih jam 11 lewat kalo gak salah. Tiba2 ada suara anjing, awalnya suara dia masih jauh tapi, lama-kelamaan semakin mendekat dan tepat di depan rumah Umi. Akhirnya gw langsung tidur aja deh daripada nantinya ngeliat sesuatu. Selama tinggal di sana juga, kalo makan kita bener2 irit bgt. Satu menu untuk satu hari, bayangin aja masak sayur toge untuk makan siang dan malam. Dah gitu kalo pagi makanannya gak jauh2 dari indomie dan nasi goreng, paling enak cuman pas makan sarden yg dibeli sama Fika and udang yg dikasih dari Ka Nunu (cowonya Ink). Kesananya mah makanan kita gak bergizi dan sengsara abis, gara2nya bendahara gw yg astaga peLit bgt. Dia punya prinsip bresakit2 dahulu bersenang2 kemudian. Yah boleh juga sih prinsipnya dia tapi, jgn dipake untuk masalah makanan donk soalnya ini urusan perut. Gara2 KKN gw jadi kena Mag,,awalnya gw gak punya tuh penyakit. Udah makan gak bergizi, telat makan juga. Jadilah tuh penyakit!!

Tidak ada komentar: